Apa Itu Hosting ?

Hosting adalah space harddisk dalam komputer server untuk menyimpan database seperi menyimpan gambar, teks, video, email dan lain sebagainya yang disajikan dalam suatu tampilan web/blog.

Kalau kita berikan contoh dalam kehidupan kita hosting itu seperti rumah dan rumah adalah tempat menyimpan segala sesuatu kebutuhan kita, semkain besar dan banyaknya barang yang kita miliki maka semakin besar pula rubah yang harus kita sediakan. Begitu juga hosting, hosting yang kita butuhkan juga besar jika kita jika memiliki database yang banyak.


Ada banyak spesifikasi tentang hosting, dan ini beberapa yang harus dan wajib anda ketahui :

1. Space/Kapasitas Hosting.

Ini adalah ibarat rumah yang saya terang diatas tadi, dimana semakin besar data yang anda miliki maka semakin besar pula hosting anda harus anda miliki, ukurannya sendiri dalam hosting adalah Megabytes (MB), Gigabytes (GB), dan Terabytes (TB).

2. Bandwidth/Kuota Transfer Data Per bulan.

Ukurannya masih sama seperti diatas, namun ini menunjukkan kapasitas berapa yang bisa anda transfer perbulan dimana data ini diperbaharui setiap bulan. Sebagai contoh anda memiliki bandwidht 1 GB per bulan, jadi anda bisa membuat postingan selama satu bulan sebanyak 1 GB, jika anda melebihi kapasitas maka postingan anda tidak akan terlihat oleh pengunjung web/blog anda.

3. Jumlah Database.

Ini adalah tempat yang bisa anda gunakan untuk menyimpan data, seperti dibahas poin no.1 maka kaitanya anda memiliki dan disimpan di hosting, jadi data anda akan akan dan terkendali selama masih dalam batas kapasitas. Misal anda menyewa hosting disuatu layanan hosting dengan kapasitas 5 GB, maka anda dapat menyimpan semua data anda ebanyak itu pula.

4. Banyak Akun Email.

Dengan menggunakan hosting anda bisa memiliki banyak nama email dan database otomatis disimpan ke hosting yang anda sewa.

Memiliki hosting sendiri menurut saya tidaklah rugi karna ini menjaga agar semua data kita akan dan terkendali. Seperti sekarang ini hosting gratis yang banyak digunakan para blogger melalui blogspot dan sewaktu-waktu jika google ingin menghapus blog anda maka hilang sudah seluruh data pada blog anda yang sudah anda buat selama ini. Jadi menggunakan hosting adalah solusinya

Cukup sekian saja pembahasan kita tentang perkenalan hosting, dilain waktu akan kita bahas lebih lanjut tentang hosting.

Sekian dan salam jabat tangan.

Subscribe to receive free email updates: