Tips Merawat Beterai Leptop Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang sering online menggunakan laptop atau PC dalam bahasa keren nya maka hal penting yang hal penting yang harus anda ketahui adalah baterai. Baterai adalah elemen penting untuk sebuah perangkat agar bisa berjalan sebagai mana yang diharapkan. Leptop yang harganya mahal tidak akan ada berguna jika tidak memiliki baterai yang baik tentu saja kita mengharapkan perangkat kita bekerja optimal meskipun dalam kondisi mati lampu.

Berikut ini saya telah menyiapkan beberpa tips buat anda yang suka bermain leptop menggunakan baterai yang tersedia diperangkat anda dan mengoptimalkannya agar baterai leptop  tersebut benar-benar terawat dengan baik.

Tips Merawat Beterai Leptop Yang Baik dan Benar
Tips Merawat Baterai Leptop Yang Baik dan Benar.

1. Charger Sampai Penuh Jangan Berlebih.

Banyak orang yang salah dalam melakukan isi ulang baterai yang kata mereka jika kita charger baterai sampai penuh dan dibiarkan terus maka baterai akan lebih tahan lama, hal ini tentunya merupakan kesalahan karna baterai tersebut memiliki kapasitas dan jika melebihi kapasitas tidak berarti akan tahan lama malahan merusak baterai bisa jadi pembengkakan pada baterai atau bisa saja meledak. Jadi cukup di charger sampai penuh jangan sampai berlebih.

2. Jangan Lepaskan Baterai Ketika Leptop Hidup.

Jangan sesekali anda menggunakan leptop anda langsung terkoneksi ke listrik, pasti anda tahu tekanan listrik itu tidak stabil dan selalu ada tegangan tinggi dan rendah. Sengaja leptop diberikan baterai adalah mengatur kestabilan perangkat leptop agar listrik yang tidak stabil langsung terkoneksi ke perangkat leptop, bagian yang sering rusak jika anda menggunakan baterai apalagi saat baterai anda penuh namun anda masih saja men-chargernya adalah motherboard, jika bagian ini sudah rusak maka artinya leptop anda sudah parah. Jika anda masih saja ingin memasang baterai maka pasang saja dan ketika penuh baru charger dilepaskan, hal ini untuk menjaga ketika listrik mati.

3. Bersihkan Logam Kontak Baterai.

Bagian ini sering diabaikan oleh banyak pengguna leptop yaitu bagian ujung baterai yang terdapat logam kontak, terkadang ada debu atau sebagainya yang membuat charger koneksi listrik terhalang oilehnya, maka dari itu lakukan pembersihan dibagian logam baterai selalu.

4. Pastikan Ada Udara Bebas Di Leptop Anda.

Udara bebas ini maksudanya adalah dibagian bawah dari leptop anda harus ada ruang kosong, hal inilah mengapa banyak orang yang melarang meletakkan leptop diatas bantal atau kasur, karna dengan terhambatnya aliran udara yang menyebabkan leptop anda cepat panas terutama dibagian bawah leptop tepatnya dibagian baterai.

5. Jangan Lakukan Multitasking.

Multitasking artinya adalah membuka terlalu banyak aplikasi dalam satu kerja. Jika anda ingin membuat makalah atau browsing di internet maka diharapkan jangan membuka aplikasi terlalu banyak, karna dengan membuka aplikasi terlalu banyak akan membebani kinerja leptop anda dan akan berefek pemakaian baterai yang boros dan tidak baik untuk kesehatan baterai.

6. Hindari Penggunaan Device Ekternal Berlebih.

Device eksternal yang saya maksut seperti USB, Flasdisk dan lainya ke leptop anda, dengan meghubunkan beberapa perangkat ke leptop anda maka akan memakan banyak baterai, seperti yang saya ulas diatas dapat menguras baterai secara berlebihan, jika anda ingin menggunakannya lakukanlah bertahap.

7. Jangan Gunakan Leptop atau Notebook Terlalu Lama.

Ada yang bilang waktu pakai maksimal leptop adalah 6 jam, ketika sudah lebih dari waktu itu matikan leptop untuk beberpa waktu kedepan dan baru bisa digunakan kembali. Hal ini menjelaskan jangan menggunakan perngkat anda terlalu lama jika anda bisa mencharger ulang baterai anda ketika hendak habis namun baterai juga memiliki daya tahan jenuh yang membuatnya harus didiamkan atau diistrahatkan juga, hal ini untuk menjaga kesehatan baterai.

8. Jaga Baterai Agar Tidak Panas.

Sama halnya memberikan ruang udara seperti poin nomor empat, hanya saja ini berbeda dari permasalahan, terkdanag walaupun didalam leptop kita sudah terdapat kipas untuk pendingin, namun itu saja tidaklah cukup, jagalah leptop anda agar baterai anda tidak panas, anda bisa melakukannya dengan menambahkan kipas dibagian bawah leptop anda.

9. Kurangi Volume Speker.

Volume speker anda jika memang tidak diperlukan, mungkin anda ingin mendengarkan musik saat anda mengerjakan tugas namun lakukanlah dengan volume yang secukupnya atau jika anda ingin lebih keras ada baiknya menggunakan handshet anda, penggunaan volume berlebih juga menguras daya baterai yang terlalu cepat.

10. Non Aktifkan Bagian Yang Tidak Perlu.

Hal ini menyengkut antivirus dan juga windows, banyak dari kita yang mengaktifkan update anti virus maupun windows secara otomatis, hal ini tanpa kita sadari menguras baterai kita secara cepat apalagi ketika kita berselanjar di internet, kadang kala update otomatis dapat memperlambat kinerja perangkat kita, tentunya kurang baik untuk kesehatan baterai.

Demikian beberapa tips merawat baterai leptop yang baik dan benar agar baterai dan lptop kita terjaga, terawat dan terkendali dari berbagai masalah yang membuat kita menjadi sudah dalam keadaan yang dibutuhkan.

Sekian dan salam jabat tangan.

Subscribe to receive free email updates: