Wordpress.com dan Wordpress.org, Apa bedanya ?

Para sahabat blogger pasti sudah tahu tentang platform yang satu ini yaitu wordpress. Mengelola blog wordpress.com dengan mengelola blog wordpress.org itu berbeda, dan wordpress,org itu jauh lebih sulit ketimbang yang wordpress.com. Pada kebanyakan orang bahkan perusahaan banyak menggunakan platform wordpress untuk mengelola web/blog mereka karna di di wordpress sangat mudah dan efektif.

Akan tetapi bagi anda yang pemula saya sarankan belajar di wordpress.com terlebih dahulu dan dibarengi dengan blogger.com. karna wordpress dan blogger merupakan blog gratis dan dasar anda untuk lebih serius ngeblog atau bisnis online di internet.


Pada kesempatan ini saya inginmengulas perbedaan wordpress.com dan wordpress.org.


Beberapa hal yang harus anda ketahui untuk blog wordpress.com yaitu di platform ini sangat sulit untuk anda memonetiza atau menghasilakn uang dari internet namun sebagai pembelajaran untuk wordpress,org maka platform gratis dari wordpress.com ini bisa menjadi langkah awal anda untuk ngeblog menggunakan wordpress.org self hoted.

Wordpress.com adalah blog gratis namun tidak banyak yang bisa anda lakukan disini, bahkan jika anda membeli domain dari mereka atau mengcustom domain sekalipun akan sangat sulit untuk di monetiza selain dari VIP Wordpress.com. Dalam vitur VIP maka anda mendapatkan semua vitur di wordpress.org namun biayanya sangatlah terbilang mahal.

Wordpress.com memberikan kita hosting gratis untuk para membernya sebesar 3 GB, ini merupakan space yang cukup besar dibandingkan blogger, fitur iklan mereka juga dibatasi kita hanya bisa menggunakan word ads besutan mereka.


Beberapa hal yang salah saat orang mengenal blog wordpress yaitu membeli domain di wordpress.com dalam bentuk namadomain.org. Dalam kasus sebelumnya banyak yang bilang saya sudah beli domain di wordpress.com dengan bentuk Dot ORG kok gak bisa daftar adsense ? Inilah yang harus anda ketahui, mebeli domain di wordpress maka anda menggunakan hosting mereka dan dalam hal ini adsense tidak suport untuk wordpress.com melainkan suport untuk worpdress.org.

Dalam memulai masuk ke wordpress.org maka hal dasar yang harus anda pahami adalah wordpress.com. Secara bentuk fisik sama persis, hanya saja dilengkapi plugin yang banyak dan custom thema yang bebas namun diperlukan hosting dalam kasus ini.

Wordpress.org bisa anda gunakan saat anda membeli domain dan hosting, dalam kasus ini adsense sangat suport untuk adsense dan monetiza yang sangat mantab.

Kesimpulan.

1). Dalam kedua kasus diatas kita menyimpulkan bahwa wordpress.org sangat direkondasikan dalam profesional blog, bukan berarti wordpress.com tidak profesional hanya saja fitunya terbatas jika ingin bebas dan lengkap untuk wordpress.com maka pilih tipke businis maupun VIP di wordpress.com.

2). Wordpress.com sangat baik untuk anda yang mau belajar lebih jauh tentang wordpress, apalagi buat anda yang mau mempelajari lebih serius untuk beralih ke wordpress.org, setidaknya anda mahir dalam wordpress.com sebelum beralih ke wordpress self hosted.

3). Wordpress.com tidak bisa di monetiza baik itu adsense maupun yang lainya, untuk lebih maksimal maka gunakan wordpress.org.

4. Fitur dalam wordpress.org sangat lengkap dan tidak kalah dalam vip dalam wordpress.com.

5). Mulailah belajar menggunakan wordpress.com sebagai bekal dalam memulai wordpress.org, namun harus dibarengi juga dengan blogger.com sebagai pendukung media belajar anda di wordpress.

Demikianlah beberapa poin penting yang harus anda ketahui tentang wordpress.com dan wordpress.org. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat untuk kita semua. Jika ada yang belum paham silahkan tanyakan di kolom komentar.

Sekian dan salam jabat tangan.

Subscribe to receive free email updates: