Artikel Copy Paste Yang Baik dan Benar

Copy paste sudah banyak menjadi darah daging para blogger kita, tapi tidak semua blogger yang melakukan hal itu yang jelas itu merupakan suatu pelanggaran dalam dunia internet karna mengambil konten milik orang lain baik secara legal maupun ilegal.

Memang banyak untung admin suatu blog karna tidak capek-capke menulis artikel tentang suatu topik misalnya topik tentang smartphone, dia hanya perlu browsing dan mengambil konten tentang smartphone dan mempublikasikanya ke blog tersebut, Mungkin hanya dibutuhkan 10 menit untuk mempublikasikan 10 artikel, semantara yang penulis asli menhabiskan beberapa jam untuk menulis 10 artikel tentu itu tidaklah baik apalgi sampai mengklaim itu tulisannya sendiri. Terlalu,..


Walau sebahagian orang tidak mempermasalhkan hal itu namun itu sangatlah keterlaluan dan itupun akan menunjukkan bahwa anda bukanlah blogging sejati karna mengklaim milik orang lain menjadi milik anda.

Hal ini bisa kita permasalhkan secara Police Online bahkan secara hukum karna mencuri artikle milik orang lain dan melanggar Hak Cipta.

Disini saya tidak membhas tentang  Hak Cipta namun bagaimana menyikapi atau melakukan editing suatu artikel yang anda ambil dan anda rubah sehingga tulisan tersebut tidak terlihat lagi akan sampai tidak menjadari bahwa artikel tersebut hasil copy paste.


Beberapa tips artikel tentang copy paste yang baik dan benar.

1. Lakukan editing sampai 75% dari data awal.

Jika anda melakukan copy paste dari blog orang lain maka lakukanlah editing, jangan langsung mempublikasikan karna itu melanggar hukum dan melanggar Hak Cipta, jika anda melakukan editing maka rubahlah setidaknya sampai dengan 75% editing dari konten awal.

2. Berikan Sumber Artikel.

Sebagai artikel copy paste maka anda wajib mencantumkan sumber dari artikel tersebut karna hal ini akan menunjukkan bahwa artikel tersebut anda akui bukan milik anda melain milik orang lain yang anda editing walaupun sampai melakukan editing 75% sekalipun.

3. Miminta Izin Dari Pemilik Artikel.

Mintalah izin dari pemilik konten asli dengan begitu anda tidak akan melakukan pelanggaran Hak Cipta dan umumya semua orang tidak akan keberatan jika artikelnya di ambil orang tapi dengan seijin mereka dan harus melakukan editing juga walaupun sudah meminta ijin.

Mungkin hanya itu saja yang harus anda lakukan untuk mengambil konten orang lain, jangan mengabil konten sembarangan apalagi sampai mengakui tulisan tersebut milik anda, tunjukkan abhwa anda blogger yang berkualitas.

Sekian dan salam jabat tangan.

Subscribe to receive free email updates: