Kesalahan Blogger Pemula

Kesalaham blogger pemula di dunia blog banyak terjadi. Bukan hanya banyak tapi bisa dikatakan hampir menyeluruh tapi tidak semua, karna kesalahan tersebutlah yang kadang suatu blog yang sebenarnya bagus gara-gara kesalahan kecil membuat blognya tidak lagi OK.

Saya sendiri pernah mengalami hal ini dan tujuan saya menulis ini agar kesalahan tersebut tidak lagi terulang kepada teman-teman blog lainnya. Harus saya akui banyak teman kita bisa mendapatkan uang dari blog bahkan sampai ratusan juta, tapi tidak sedikit juga teman kita yang belum sempat merasakan bahkan mencicipi penghasilan dari blog mereka yang bahkan dia sudah mengelola blog tersebut dalam jangkat waktu yang sangat lama.


Berdasarkan pengalaman saya dan beberapa hasil diskusi saya dari beberapa forum di dunia maya baik itu forum lokal sampai forum luar negri, kesalahan blogger pemula inilah yang sebenarnya menjadi dasar kenapa para blogger kita umumnya Indonesia terbilang terpuruk, walau kita tahu beberapa waktu lalu adsense sudah suport untuk blog berbahasa indonesia, bukankah ini merupakan kesempatan yang cukup besar bagi kita para blogger untuk memperoleh penghasilan tambahan dari web/blog.

Kesalahan Blogger Pemula.

Saya tidak menyalahkan anda tapi ini kesalahan mutlak yang terjadi pada para blogger jika anda ingin benar-benar terjun kedunia blog maka anda harus melakukan hal yang seharusnya anda lakukan karna dengan satu kesalahan akan membuat anda akan menyesal, walau bisa diperbaiki tapi ingat peluang itu selalu ada tapi anda lah yang tidak bisa memanfaat kanya. Jadi jangan menyia-nyiakan kesempatan

1. Artikel Copy Paste dan Hak Cipta.

Kesalahan pertama yang sering terjadi di kalangan blogger adalah artikel Copy Paste dan Hak Cipta, seringkali para blogger melakukan duplicate konten dengan membagikan tulisan orang lain tanpa seijin dari si pemilik konten baik itu tulisan maupun gambar.

Baca juga : 
Tulisan yang hasil copy paste baik itu berbentuk tulisan maupun gambar di blog anda mungkin memiliki banyak pengunjung tapi jangan harap akan akan memiliki penghasilan lebih besar dibandingkan si pemilik konten asli. Jika pemilik tulisan tidak senang bisa saja si pemilik konten asli melaporkan anda kebadan hukum yang berwenang dan anda bisa diseret ke badan hukum mengenai UU ITE mengenai penyalah gunaan teknologi informasi dengan pencurian konten.

2. Terobse Cepat Dapat Duit.

Dapat duit di internet bukanlah hal yang baru di dunia blog dan bukanlah hal yang tidak mungkin, anda bisa saja mendapatkan gaji tambahan dari blog anda atau bisa jadi menjadi gaji utama anda, semua itu bisa saja terjadi. Terobsesi untuk mendapatkan uang dari blog tidak salah asalkan dengan cara terobsesi tersebut anda akhirnya memiliki semangat untuk bekerja keras mengelola blog anda.

Baca Juga :
  • Solusi Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Internet.
  • Kesalahan Tata letak Iklan di Blog

Jika anda terobsesi cara cepat mendapatkan uang dari blog dan pada akhirnya anda salah jalan dengan membuat pengunjung kesusalah untuk masuk dan melihat blog anda ini merupakan kesalahan yang fatal. Perlu anda ketahui konten adalah raja, raja diletakkan dimana saja tetap raja.

Pengalaman saya  beberapa waktu lalu saya browsing menggunakan PC saya dan saya menemukan suatu blog yang cukup menarik menurut saya, belum sempat saya melihat isinya tiba-tiba blog merefress sendiri menuju ke link adf dot ly dan saya Back lagi kembali ke adf dot ly hingga beberapa kali dan akhirnya menuju ke halaman menu sutu blog, saat mouse saya mulai berjalan iklan POP lagi muncul, Waduuuh jadi enek saya.Cara seperti inilah yang salah asal anda ketahui karna menyusahkan pengunjung masuk ke blog anda.


3. Penempatan Iklan di Blog Pemula.

Poin ketiga yaitu penempatan iklan di blog, saya tidak menyalahkan anda si pemilik blog untuk meletakkan dimana saja iklan yang anda inginkan karna itu hak anda sebagai pengelola. Tapi saya beritahukan kepada anda bahwa pengunjung sangat tidak suka terhadap blog yang memiliki iklan yang begitu banyak dan diletakkan ditempat yang tidak sesuai.

Banyak iklan jika diletakkan ditempat yang semestinya itu akan membuat anda terlihat profesional dan tidak menggangu pengunjung, bisa jadi iklan tersebut merupakan sumber pendapatn dari si pengelola blog, tapi jangan sesekali iklan membuat pengunjung tidak mau lagi kembali untuk berkunjung di blog anda.

Saya pernah berkunjung ke blog yang baru dan bener-bener baru, tapi iklannya sudah banyak nongol di blog tersebut baik itu iklan gambar, teks dan pop, padahal saat saya beriksa blog tersebut baru berumur 2 bulan, total pageview baru 300+ dan pengunjung rata-rata 0-5. Kalau menurut saya seberapa besarkah pengunjung akan mengklik iklan mereka dengan trafik yg seperti itu, seharusnya dilakukan adalah meningkatkan trafik lalu monetize, jangan terburu-buru.

4. Terlalu Sibuk Meng-edite dan Meng-edite.

Selanjutnya yang menjadi kelasahan dari blog pemula tak lain adalah terlalu sering melakukan editing baik itu dari template tu sendiri maupun dandatan dari blog baik itu dari widget maupun teks.

Saya sendiri sering melakukan kesalahan hal ini saat saya memuali blog, karna saya tidak puas terhadap tampilan blog dan yang menjadi. Rekomendasi saya jangan terlalu sering melakukan edite template atau yang lainnya karna akan menggangu pengunjung nantinya yang sedang berkunjung dan optimazation seo juga akan kurang baik karna selalu berubah-ubah.

Pilih template yang sesuai dengan yang anda inginkan dan lakukan editing diawal anda memulai membuat blog, sehingga anda kedepan bisa berfokus untuk membuat konten unik yang lebih baik lagi.

5. Konten Unik Dalam Bahasa Sendiri.

Jika anda ingin memulai menulis sebaiknya anda harus tahu cara menulis yang baik dan benar, penempatan titik dan koma, huruf kapital atau kecil dan lainya sebagainya.

Saya pernah membaca suatu ebook yang berisikan tentang kenton unik , saya lupa ebook apa namanya yang jelas ulasan tentang konten unik yang saya dapet kiriman dari teman saya. Dimana inti dari ebook tersebut adalah buatlah konten unik dari bahasa sendiri, karna dengan bahasa sendiri kita dapat menulis dengan baik walau tulisan kita tidak dalam keybord populer google namun bahasa kita sendiri akan membuat anda lebih merasa santai dalam menulis.

Baca juga :

  • Cara Riset Keybort
  • Tulisan yang disukai google

6. Tulisan Bahasa Inggris Vs Bahasa Indonesia.

Dimana kita ketahui tulisan dalam bahasa inggris sangat disuaki oleh google dan bahkan untuk me-monetiza blog kita bayaran dari blog yang berbahasa inggris lebih besar dibandingkan dengan blog yang berbahasa indonesia dengan tingkat trafik yang sama dan jumlah pengunjung sama.

Jika anda memang benar untuk memonetiza atau menjadikan blog anda sumber uang untuk pendapatan anda maka tulisan dalam bahasa inggris menjadi titik tumpu anda agar penghasilan anda leih optimal.

Tetapi seperti yang saya jelaskan pada poin nomor 5 diatas, jika anda tidak begitu mahir dalam penulisan berbahasa inggris maka saya sarankan jangan, karna pembaca akan jenuh jika membaca tulisan anda yang tidak baik dan salah dalam aljabar ataupun tulisan anda dalam bahasa inggris sangat berantakan pengunjung tidak akan kembalik lagi berkunjung ke blog anda. Dengan trafik pengunjung yang kecil jangan berharap mendapatkan pendapatan yang maksimal.

Baca :

  • Blog Berbahasa Indonesia Untuk Monetiza
  • Tingkatkan Trafik Untuk Monetiza

7. Tingkatkan Trafik baru me-Monetiza.

Seperti yang saya sebutkan pada poin nomor 2, anda terlalu terobsesi mendapatkan uang secara cepat sehingga anda menghalalkan segala cara untuk membuat anda mendapatkan uang.

Saya sarankan untuk me-monetiza atau membuat blog anda menjadi sumber uang maka anda harus meningkatkan trafik blog anda terlebih dahulu, saat trafik anda sudah baik maka saat itulah anda baru memikirkan tentang monetiza, saya yakin kerja keras anda dalam meningkatkan trafik akan terbayar dalam waktu yang singkat saat anda me-monetiza blog anda dibandingkan dengan anda terlalu terobsesi cepat dapat duit sehingga anda tidak fokus pada topik konten unik anda. Ingat tingkatkan trafik baru monetiza.

8. Fokus Untuk Topik Tertentu.

Kesalahan yang sering dubuat oleh para blogger pemula yaitu topik pembahasan yang tidak jelas, tidak jelas bukan berarti tidak bagus hanya saja anda tidak konsekwen dengan topik yang anda bahas. Seandainya anda menhas tentang topik kesehatan lalu kedepan lagi anda bahas topik tentang internet maka tidak sesuai dengan topik anda.

Mungkin akan sesuai jika anda baik dalam penembatanya, topik kesehatan dan pembahasanya membahas tentang internet yang berpengaruh dalam kesehatan, tapi jangan terlalu membahas lebih rinci kembali tentang internet karna itu sudah keluar dati topik pembahasan anda yang sebelumnya topik tentang kesehatan.

Jika anda masih juga ingin membuat topik yang lebih luas atau topik yang banyak maka anda bisa melakukan dengan optimasi web/blog anda, jangan berfokus terhadap topik kesehatan tapi ke topik umum yang didalamnya terdapat berbagai topik pembahasan.

Misalnya : Blog anda bernama blogger template dengan alamat url alamatbloggertemplate dot com maka jangan membahas tentang tofik kesehatan, tapi jika anda ingin membuat topik yang banyak maka anda menggunakan nama Informasi Hebat dengan alamat url yaitu alamatinformasihebat dot com maka dengan begitu anda bisa membuat topik-topik tertentu dan tidak berfokus ke satu topik.

Semoga pembahan diatas bermanfaat untuk kita semua.

Update : 21-03-2015

Sekian dan salam jabat tangan

Subscribe to receive free email updates: