Apa Itu Domain ?

Domain adalah nama unik untuk mengidentifikasi alamat (IP andres) server komputer seperti web server atau email server di internet. Sebagai contoh adalah alamat blog saya ini yang akan saya rubah dimasa depan menjadi www.kangtora.com.

Domain memberikan kemudahan untuk para pengunjung menghafal alamat IP anda di internet ketimbang dengan domain gratis seperti blogspot dan wordpress.

Sebagai contoh mudah saya akan menamakan blog ini www.kangtora.com


Domain memiliki beberapa level yang harus anda ketahui yaitu :

1. Top Level Domain 

Top level domain adalah deretan kata belakang setelah nama domain seperti contoh kangtora adalah domain dan top level domain dot com (.com). ada beberapa nama top level domain yang sering digunakan seperti :
  • .com (dotcommercial)
  • .net (dotnetwork).
  • .org (dotorganization)
  • .edu (doteducation)
  • .gov (dotgoverment)
  • .info (dotinfo)

Ada dua macam jenis top level domain
  1. Global Top Level Domain (gTLD) adalah domain itu sendiri seperti yang diatas (.com, .net, .org dan lainnya).
  2. Country Code Top Level Domain (ccTLD) adalah kode top level domain atau TLD dari masing-masing negara sebagai contoh indonesia (.co.id, .net.id, or.id, .web.id, dll), contoh negara lain seperti malysia dengan TLD my (.com.my, net,my, org.my dll). Seperti itulah country code top level domain.
2. Second Level Domain (SLD) 

Second level domain adalah nama domain yang anda daftarkan. Sebagai contoh nama domain yang saya daftarkan kangtora.com maka kangtora adalah SLD dan .com-nya adalah TLD.

3. Thrid Level Domain.

Thrid level domain adalah setelah SLD. Sebagai contoh domain saya kangtora.com maka kita dapat menambah nama lain sebelum domain saya, misalnya cerita.kangtora.com atau mail.kangtora.com.

Saya rasa cukup sekian saja untuk perkenalan mengenai domain lain kali akan kita ulas yang lainnya.

Sekian dan salam jabat tangan

Subscribe to receive free email updates: