Kejujur Adalah Harga Mati Yang Tak Ternilai

Jujur artinya adalah tidak berbohong dan tidak mengada-ada atas apa yang sebenarnya terjadi, kata jujur sangat luas jika diartikan lebih jauh lagi, namun defenisi ini sangatlah bermakna dan begitu berarti dalam kehidupan kita dimana jujur itu sangat tak ternilai harganya dan tidak ada satu alat pembayaran yang bisa membayar kejujuran seseorang dan jujur adalah hal utama yang diajarkan oleh orang tua saya sampai saat sekarang ini.


Rusaknya negri ini adalah saat dimana harga kejujuran seseorang itu bisa dibeli dengan uang yang menciptakan generasi-generasi pemimpin yang rusak karena unsur penanaman moral dan kejujuran yang tidak ditanamkan dari kecil, meski sudah ditanamkan dari kecil namun pengaruh lingkungan dan unsur lainya yang akhirnya menciptakan perubahan kejujuran yang tak ternilai menjadi kejujuran yang dihargai dengan murah, itulah yang membuat negri kita menjadi salah satu negara terkorup di dunia.

Buktinya kejujuran saat ini sangat murah dan bisa dibeli dengan uang bisa kita lihat ditelevisi, begitu banyak pemimpin-pemimpian kita yang korup, mulai dari pemimpain yang berjabatan rendah sampai pemimpin kita yang berjabatan tinggi, seolah-plah #GakPakeKorupsi itu gak keren, Saya yakin dan percaya bahwa masih ada dan banyak pemimpin kita yang jujur dalam menjalankan tugasnya dan kejujuran itu pasti tidak ternilai harganya.

Kejujuran yang ditanamkan oleh orang tua kepada semua anak-anaknya adalah bukti nyata yang saya dapatkan dari orang tua dan modal saya dalam menjalani kehidupan nyata dalam ber-masyarakat dan bergaul dimana saja.

Pesan orang tua saya "Kalau Kamu Jujur, Kamu Akan Dipercaya".

Kejujuran dan kepercayaan adalah salah satu elemen yang tidak akan terpisahkan, saat kita jujur maka secara tidak langsung kita akan dipercaya, dan kita dipercaya karena kita jujur, kejujuran adalah harga mati. Beberapa pesan kejujuran yang selalu ditanamkan oleh orang tua kepada saya dan semua anak-anaknya dan sampai saat ini pesan tersebut masih kami dengan dan kami jalankan..
  1. Kejujuran Pada Diri Sendiri.
    Saat kita berbohong dan tidak jujur, orang yang pertama kita bohongi adalah diri kita sendiri, dalam hal ini karena kita memaksa diri kita untuk tidak jujur, orang tua saya selalu berpesan, kalau kamu berbohong kepada siapa saja maka orang yang pertama kamu bohongi adalah diri sendiri. 
  2. Kejujuran Kepada Orang Lain.
    Kejujuran adalah harga mati, anda tidak akan dipercaya oleh siapapun jika anda melakukan kebohongan, untuk mendapatkan kepercayaan dimana pun anda berada maka kejujuran adalah kuncinya.
  3. Kejujuran Dalam Pergaulan.
    Dalam pergaulan, kejujuran itu sangatlah penting, anda tidak akan dipercaya oleh sahabat anda jika anda tidak jujur, dimanapun anda berada dan bergaul dengan orang yang seperti apapun anda tidak akan menemukan pergaulan yang tepat, maka dari itu jujur harus anda terapkan dalam pergaulan agar bisa mendapatkan sahabat dimanapun kita berada.
  4. Kejujuran Dimana Saja Berada.
    Kapan saja dan dimanapun kita berada kejujuran adalah kunci kita bertahan hidup, tidak ada satupun orang yang suka dibohongi dengan alasan apapun, jujur adalah kunci kita bisa hodup dan bergerak maju dimanapun kita, dalam keadaan apapun itu kejujuran adalah kunci utama kita untuk hidup dimana saja.
Masih banyak lagi berbagai hal yang diajarkan oleh orang tua saya kepada anak-anaknya dan sampai sekarang mereka tidak pernah bosan untuk menyampaikanya kepada kami, beberapa poin diatas adalah bentuk pengajaran yang mereka terapkan kepada kami selama ini, dan saya juga selalu terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dengan kejujuran mereka selama ini dalam kehidupan sehari-hari akhirnya orang tua saya sampai bisa mengkuliah saya dan isnyaallah akan menyelesaikan pendidikan bulan desember nanti (12-12-2015). 

Berikut ini ada video tentang suatu kejujuran tentang social experimen yang dibagikan oleh sahabat-sahabat youtubers dari Amerika, bisa anda lihat bergitu sangat berartinya suatu kejujuran dalam kehidupan ini. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk saya dan sahabat-sahabat sekalian.

#ParentingAntiKorupsi jujur lebih baik dan #GakPakeKorupsi.

Harap Lihat Video dibawah ini tentang kejujuran, jika hal seperti dalam video anda terjadi apa yang akan anda lakukan,.. hanya orang-orang yang jujur yang akan melakukanya.

Subscribe to receive free email updates: